Senin, 19 Desember 2011

Penyebab Seseorang Berbuat Dosa

                   Perbuatan dosa diminati oleh banyak orang karena mempunyai daya tarik tersendiri, terlebih bagi orang yang mempunyai pandangan sesaat, perbuatan dosa pada umumnya , sering kali hadir dalam wujud kenikmatan, keindahan, serta attribut-attribut kesenangan lainnya yang bersifat sesaat dan menipu. Banyak orang sadar dan mengetahui bahwa semua itu merupakan jebakan, tapi kadang sering kali mereka kalah oleh godaan setan. Sehingga suara hari nurani mereka terpengaruh dengan ajakan setan yang menipu.
                Jadi, seseorang berbuat dosa itu tidak serta merta karena mereka tidak mengetahui bahwa apa yang dilakukan tergolong dosa, tapi ada hal lain yang membuatnya terperosok. Paling tidak, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terperosok dan terpanggil untuk melakukan perbuatan dosa. Berikut beberapa faktor tersebut :
1.       Kemiskinan
Seiring kali anda menjumpai seseorang melakukan pencurian atau perbuatan dosa lainnya disebabkan oleh kondisi ekonomi yang mendesak. Terlebih, bagi orang yang tidak kondisi tersebut dengan rasa Iman kepada ALLAH SWT. Ini yang kerap kali terjadi di sekitar lingkungan kita.
2.       Kesempatan
Banyak orang yang saat menjadi rakyat biasa, mereka cukup jujur. Tapi, tak pelek, ketika mereka sudah menduduki posisi penting dalam struktur pemerintahan, ternyata mereka melakukan tindakan korupsi. Ini disebabkan oleh kesempatan yang mereka miliki.
3.       Ambisi Harta
Banyak orang melakukan perbuatan dosa karena di dorong oleh ambisi untuk kaya. Ambisi yang berlebihan tersebut kadang kala membuat banyak orang lupa jalan kebenaran.
4.       Keimanan
Ini adalah poin penting dari sekian banyak faktor. Kemiskinan, kesempatan, dan ambisi menjadi hartawan bisa saja menipu seseorang. Namun demikian, karena ia mempunyai keimanan yang kuat, maka tak mungkin ia akan melakukan perbuatan dosa. Jadi, ini adalah faktor yang cukup berperan di antara faktor lainnya.

                Itulah beberapa point yang kerap kali menjerumuskan manusia kedalam perbuatan dosa. Dengan perkara tersebut, banyak orang yang mudah untuk melakukan perbuatan dosa sesuai dengan kapasitasnya sebagai manusia.


Dikutip dari buku :
                Judul                   : Dosa-dosa Identik dengan Laki-Laki Paling Dibenci ALLAH
                Karangan            : Horriyah
                Penerbit              : Diva Press

0 komentar: